21 Nov 2012

SLIP (Serial Line Internet Protocol)

Serial Line Internet Protocol (SLIP) adalah kebanyakan enkapsulasi usang dari Internet Protocol yang dirancang untuk bekerja di port serial dan koneksi modem. Hal ini didokumentasikan di RFC 1055. Pada komputer pribadi, SLIP telah digantikan oleh Point-to-Point Protocol (PPP), yang lebih baik penggunannya, memiliki lebih banyak fitur dan tidak memerlukan konfigurasi alamat IP yang harus ditetapkan sebelum dibentuk. Pada mikrokontroler, bagaimanapun, SLIP masih merupakan cara yang disukai encapsulating paket IP karena overhead yang sangat kecil.

SLIP memodifikasi standar TCP / IP datagram dengan menambahkan " SLIP END " karakter untuk itu, yang membedakan batas datagram dalam aliran byte. SLIP memerlukan konfigurasi port serial 8 bit data, no parity, dan either EIA hardware flow control, atau mode CLOCAL (3-wire null-modem) UART pengaturan operasi.

SLIP tidak menyediakan deteksi kesalahan, karena bergantung pada protokol lapisan atas untuk ini. Oleh karena itu SLIP sendiri tidak memberikan koneksi dial-up error. Meskipun demikian masih berguna untuk menguji kemampuan respon sistem operasi 'di bawah beban (dengan melihat statistik flood-ping).SLIP juga saat ini digunakan dalam Protokol BlueCore Serial untuk komunikasi antara modul Bluetooth dan komputer host.

2 komentar: