21 Nov 2012

Perubahan Logo Windows


Gambar diatas adalah logo baru Windows yang akan digunakan untuk Windows 8. Desain logo ini terilhami dari tampilan 'Metro' Windows 8 yang kotak-kotak, simple dan modern. Microsoft rela merogoh kocek lumayan dalam untuk membuat logo baru dengan bantuan dari Pentagram, sebuah perusahaan desain yang cukup ternama. Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa yang terpilih adalah desain ini?

Semua ini bermula saat tim Microsoft yang terdiri dari beberapa orang desainer dan marketing Windows beserta Paula Scher, Michael Beirut, dan Daniel Weil dari Pentagram mengadakan pertemuan selama satu hari penuh. Mereka tengah mendiskusikan kira-kira logo baru Windows 8 itu seperti apa, dan Paula tiba-tiba berceletuk seperti ini:

"Nama kalian adalah Windows (jendela)... Kenapa bentuknya seperti bendera?"


Pertanyaan sederhana namun membuat semua orang disana terdiam dan manggut-manggut. Terdiam, karena memang benar apa yang dikatakan Paula, bentuk Windows dari dulu seperti bendera.


Gambar diatas adalah sejarah perkembangan logo Windows dari masa ke masa. Terlihat memang benar kalau logo Windows itu seperti bendera. Ada 3 poin yang diinginkan Microsoft dari logo baru Windows ini:

1. Microsoft ingin logo baru ini terlihat modern dan klasik dengan menggemakan International Typographic Style yang memeberikan pengaruh besar dalam desain tampilan Metro di Windows 8. Dengan warna yang datar dan potongan-potongan yang bersih, desain ini terlihat memiliki karakter desain yang futuristik seperti yang terlihat di bandar udara internasional dan stasiun kereta bawah tanah.

2. Penting bagi Microsoft untuk membawa prinsip Metro sebagai desain yang 'Otentik Secara Digital (Authentically Digital)' tapi tidak membawa karakteristik industri material bangunan seperti kaca, kayu dan sebagainya. Desain baru Windows memiliki 'gerak', selaras dengan gaya Windows 8 yang cepat dan mengalir.

3. Microsoft ingin agar desain baru Windows 8 adalah desain yang 'rendah hati' namun tetap 'percaya diri'. Saat pengguna masuk ke dalam komputer Windows 8, Microsoft ingin agar pengguna menemukan perspektifnya sendiri, maka dari itu jika pengguna mengubah tampilan dan warna Windows 8, logonya juga akan ikut berubah mengikuti 'perspektif' pengguna. Microsoft ingin agar Personal Computer (PC) sepenuhnya adalah 'Personal (pribadi)'. (*)

0 komentar:

Posting Komentar