SEJARAH EMAIL
Ray Tomlinson |
Surat
elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet
belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk
sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray
Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray
Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik
lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah
program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan
pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu
dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya
dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program
SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam
jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail
yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di
dunia adalah “QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘
sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat
e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
PENGERTIAN EMAIL
Surat
elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos
elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris
“e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim
mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya
pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi
surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk
membayar sambungan Internet.
KELEBIHAN PENGGUNAAN EMAIL
- Nyaman
Untuk
mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer
yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan.
Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile
seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya dengan
hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Murah
Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon
atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah
atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli kertas,
pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan
ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
- Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2. Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
ISTILAH DALAM EMAIL
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan unt
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan unt
0 komentar:
Posting Komentar