11 Jan 2013

Sejarah dan Perkembangan Facebook

Sejarah dan Perkembangan Facebook

Sejarah Facebook sendiri berawal dari seseorang bernama Mark Zuckerberg yang menciptakan sebuah situs bernama Facemash pada tanggal 28 Oktober 2003, saat itu ia termasuk salah satu mahasiswa di Harvard. Situs ini mirip dengan Hot or Not, di situs ini Mark menempatkan dua foto berdampingan dan meminta penggunanya untuk memilih foto mana yang paling seksi. Sejarah Facebook berlanjut, untuk membuat dan menyelesaikan situs ini Mark Zukerberg meretas jaringan komputer milik Harvard, dan kemudian menyalin gambar-gambar pribadi. Saat itu Harvard tidak memiliki “buku wajah” atau “face book”. Situs Facemash miliki Mark kemudian menarik 450 pengunjung dengan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertamanya.

Beberapa hari kemudian situs ini dimatikan oleh administrasi Harvard, karena dianggap melanggar hak cipta, melanggar privasi individu dan Zuckerberg pun terancam dikeluarkan. Namun akhirnya hukuman tersebut pun dibatalkan. Tidak kapok dengan itu semua, dalam sejarah Facebook pada february 2004 Mark Zuckerberg pun meluncurkan situs baru bernama thefacebook.com. Situs ini merupakan hasil penyempurnaannya dari situs Facemash, dan saat pertama kali diluncurkan situs bernama “the facebook” ini pun penggunaanya hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Namun, dalam sejarah Facebook, situs the facebook dalam satu bulan sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard di saat itu. Sejumlah rekan dari Mark Zuckerberg mulai bergabung untuk memperkuat situs the facebook, mereka adalah Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, Andrew McCollum dan Chris Hughes.

Di bulan Maret 2004, dalam sejarah Facebook situs the facebook mulai merambah ke kampus lainnya seperti Stanford, Columbia, Yale dan juga Ivy League. Tidak lama kemudian situs ini pun mulai tersebar ke hampir semua kampus di Amerika Serikat dan juga Kanada. Dalam sejarah facebook, di bulan Juni 2004 Mark Zuckerberg dan juga rekan-rekannya memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Disana mereka juga dibantu oleh Adam D’Angelo dan juga Sean Parker. Di pertengahan 2004 juga the facebook milik Mark Zuckerberg mendapatkan investasi dari Pieter Thiel, salah seorang pendiri PayPal.

Sejarah Facebook berlanjut ke tahun 2005, the facebook mendapatkan dana segar, dan di tanggal 23 agustus 2005 the facebook pun mengganti nama domainnya sendiri menjadi Facebook.com, nama tersebut mereka beli dari Aboutface.com dengan harga US$ 200.000. Di tahun 2005 Facebook mulai memperluas jangkauannya ke kalangan pelajar sekolah menengah atas, dan hanya membutuhkan waktu 15 hari, sebagian besar sekolah di Amerika Serikat telah menjadi anggota dari Facebook. Dalam sejarah Facebook, di akhir tahun 2005 Facebook telah mencapai sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di Amerika, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Rico, Australia, Selandia Baru dan juga Irlandia.

Sejarah Facebook berlanjut, di tanggal 27 Februari 2006, Mark mulai mengizinkan para mahasiswa yang menjadi anggota Facebook untuk menambahkan siswa dan siswi sekolah mengah atas sebagai temannya. Dan dalam sejarah Facebook, di bulan April 2006, investor pertama dari situs ini yaitu Peter Thiel, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners menambahkan investasi di Facebook dengan memberikan dana US$ 25 juta, Facebook pun kemudian masuk melalui Institut Teknologi India dan Institut Manajemen India. Sejarah Facebook berlanjut, ia juga menambahkan fitur baru bernama Facebook Notes, fitur ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan penggunanya untuk memberikan tagging, memasukan gambar dan hal lainnya. Tidak hanya itu, para pengguna juga dapat mengimport blog dari situs Xanga, Blogger dan situs blogging yang lainnya. Dengan adanya fitur tersebut, pembaca bisa memberikan komentar terhadap tulisan yang dimuat oleh para pengguna Facebook.

Sejarah Facebook berlanjut, pada September 2006, Mark Zuckerberg mulai membuka Facebook untuk semua pengguna layanan internet. Tapi, langkah tersebut menuai protes dari para pengguna dan para pelanggan setianya. Dua minggu kemudian Facebook terpaksa membenahi layanan baru tersebut, dan membuka pendaftaran bagi pengguna internet yang memiliki alamar surat atau e-mail yang jelas.

Sejarah Facebook berlanjut, Peter Thiel memprediksi pendapatan Facebook di tahun 2015 dapat mencapai US$ 1 milyar, dan pada saat itu nilai perusahaan pun akan ikut naik menjadi sekitar US$ 8 milyar. Dalam sejarah Facebook, di tanggal 14 Mei 2007, Facebook mulai memperkenalkan fitur baru yang bernama “Marketplace” atau layanan iklan baris gratis. Fitur baru ini pun mulai menjadi pesaing-pesaing perusahaan online lainnya, seperti Craiglist yang terlebih dulu menggunakan layanan iklan baris didalam situsnya. Bisnis Mark Zuckerberg pun semakin lancar, dan perusaan Apple pun mulai memperpanjang kerja sama dengan fFacebook untuk memajang contoh musik iTunes pada Facebook.

Dalam sejarah acebook, pada Juli 2007 facebook pun membeli perusahaan Parakey Inc dari Blake Ross dan juga Joe Hewitt. Parakey sendiri adalah produsen aplikasi komputer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gambar dan juga video ke dalam sebuah situs di internet. Sejarah Facebook berlanjut, pada Oktober 2007, Bill Gates yang merupakan pendiri Microsoft membeli saham 1,6% dari Facebook senilai US$ 240 juta, pembelian oleh Bill Gates ini pun meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional dalam Facebook. Pada tanggal 7 November 2007, Facebook juga meluncurkan layanan terbarunya yang berupa pemasangan iklan dengan sistem yang disebut dengan Facebook Beacon. Dalam sejarah Facebook, di tanggal 30 November 2007 triliuner asal Hongkong yang bernama Li Ka-Shing tertarik untuk menanamkan modal senilai US$60 juta di Facebook.

Sejarah Facebook berlanjut ke bulan Maret 2011, di tahun ini dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil setiap harinya atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan juga penggunaan di bawah umur. Dan itu semua merupakan bagian dari upayanya untuk mendorong keamanan cyber.

Dan saat ini Facebook telah memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara. Dan Mark Zuckerberg pun memiliki 24% saham perusahaan, dan sisanya dimiliki oleh perusahaan lain serta beberapa karyawan dan rekannya.

Sejarah Facebook berlanjut, sekarang mungkin pengguna Facebook sudah lebih dari 150 juta pendaftar, jumlah foto yang di upload pun kira-kira mencapai 800 juta lebih perbulan, dan mungkin fakta-fakta menarik Facebook lainnya dapat membuat kita terheran-heran mengenai situs jejaring sosial yang satu ini.

2 komentar:

  1. sejarah facebook memang unik dan menarik untuk disimak, saya pribadi tertarik untuk belajar banyak di facebook, terutama untuk urusan bisnis, mulai dari menjual jasa like sampai mempromosikan produk disana.

    BalasHapus