14 Jun 2013

Mengenal File Torrent

Mengenal File Torrent
Apa itu Torrent ?
Jika kamu pernah melakukan pencarian software,game atau film gratis melalui internet , tentunya pernah mendapati link download dengan extention Torrent. Jadi file Torrent adalah file kecil yang berisi informasi download yang dapat didwonload dengan menggunakan aplikasi/software client torrent seperti uTorrent, BitTorrent, Vuse dan masih banyak masih aplikasi client Torrent lainnya.

Torrent merupakan sistem download file dengan menggunakan peer to peer. File torrent yang kita temukan selalu berextensi “*.torrent” dengan kapasitas yang hanya beberapa kilobit. Didalam file tersebut berisi informasi file yang akan di download, mulai dari kapasitas file, jumlah filenya, dan dimana file harus di download. Jadi file torrent ini bukan file yang sebenarnya, dan file yang kita donwload bukan berada di dedicate server tetapi dari berbagai jaringan komputer peer to peer yang saling terhubung dengan mengunakan aplikasi client torrent. Jadi setiap komputer yang mendonwload file tersebut otomatis menjadi server share buat yang lainnya. Intinya semua komputer saling berbagi antara satu dengan yang lain.

Sesungguhanya dalam mendownload file torrent dilakukan melalui 2 tahap , yaitu yang pertama kamu mendownload file dengan extensi Torrent contohnya “ namafilenya.torrent “ , yang kedua setelah mendapatkan file torrent lalu buka /load file torrent tersebut dengan menggunakan aplikasi/software client Torrent ( uTorrent, BitTorrent, Vuse dll) untuk mendownload file aslinya. Didalam mendownload file torrent kamu harus mengetahui dan mengenal apa itu Seeder dan Leecher. Seeder adalah komputer yang sudah mendownload 100% lengkap atau memiliki file lengkapnya serta menshare file tersebut dan LeeCher adalah komputer yang sementara dalam proses download atau filenya belum 100% lengkap atau bisa jadi komputer sudah mendownload 100% lengkap tetapi tidak di share lagi.

Jadi jika berniat mendownload file torrent carilah yang memiliki Seeder paling banyak, biasanya informasi ini bisa didapat di web pada saat pencarian file torrent . Ini berarti jika tidak ada Seed berarti download tidak akan selesai-selesai, makin banyak seed makin cepat kita download, apalagi jika semua Seeder aktif (online). Saat mendownload file dengan menggunakan client torrent nanti akan terlihat jumlah seeder dan leecher-nya.

Beberapa istilah dalam torrent :
Seed/Seeder
Adalah orang yang telah memiliki full copy dari sebuah file torrent. Kategori seeder ini adalah orang yang membuat torrent awal ataupun orang-orang yang telah selesai men-download sebuah file dan secara otomatis meng-upload-nya.

Leecher
Adalah orang yang baru saja men-download sebuah file torrent dan sama sekali tidak memiliki sebagian ataupun keseluruhan dari sebuah file. “Peer” juga masuk ke dalam kategori Leecher sebagai user yang sama sekali belum memiliki sebagian atau keseluruhan file.. Istilah “Peer” juga bisa diartikan sebagai “user” atau “client”.

A hit and runner
Adalah seorang leecher yang telah berhasil mendownload seluruh file dari sebuah file torrent, namun langsung keluar atau tidak meng-seed file tersebut sampai rasio mereka mencapai 1.0.

Swarm
Secara sederhana bisa disebut sebagai “ekosistem”, keseluruhan peers atau user yang sedang terkoneksi men-download sebuah file.

Ratio
Perbandingan antara jumlah upload dan download disebut: Rasio. Sistem rasio ini digunakan untuk memantau jumlah pengiriman dan penerimaan yang dilakukan.


Prinsip Kerja Torrent
  1. Ibaratkan saja kita dalam sebuah ruangan yang mana di ruangan itu ada 5 komputer yaitu 1,2,3,4,dan 5 yang terhubung dalam 1 jaringan.
  2. Kita memiliki 1 file musik, misalkan saja Musik A di komputer 3. kemudian file ini di sharing agar bisa di ambil oleh komputer 1,2,4,dan 5.
  3. Dengan software torrent ( BitTorrent, uTorrent, dll ) file ini di upload ( sharing ).
  4. Pertama-tama komputer 1 yang men-download, dengan demikian file tersebut ada pada komputer 1 dan komp.3 maka ketika komputer selanjut-nya misalkan komputer 2 mendownload, file tersebut tidak hanya di ambil dari komputer 3 saja melainkan dari komputer 1 juga, ibaratkan saja 50 persen dari komp.1 dan 50 persen lagi dari komp.3.
  5. Dengan demikian komputer 1, 2 , dan 3 memiliki file tersebut. sehingga komputer selanjutnya yang ingin mendownload file tersebut maka dia akan memperoleh file tersebut dari kombinasi file komp.1 , 2, dan 3, berarti komp.1 memberikan 33 persen, komp.2 33 persen, dan komp.3 33 persen juga.

Terima kasih untuk semua sumber. Pada artikel selanjutnya akan kita bahas tip dan trik mendownload torrent.

1 komentar: