26 Nov 2012

VGA (Video Graphic Adapter) Card

pengertian VGA CardVGA (Video Graphic Adapter) card adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda.
 
Struktur VGA mirip dengan komputer yang sangat kecil. VGA card memiliki prosesor yang disebut dengan GPU atau Graphic Processing Unit ditambah dengan memori di dalamnya. Prosesor ini akan panas jika dialiri listrik saat bekerja, sehingga dibutuhkan heatsink sebagai penyerap panas dan kipas sebagai pengusir panas pada heatsink. Hal ini dikarenakan GPU memiliki suhu optimal kerja dan tidak boleh terjadi overheat. Jika terjadi overheat, maka VGA card bisa rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

Jenis-jenis VGA card

VGA card terbagi menjadi dua jenis menurut bentuknya, yakni VGA card on board dan VGA card add-on. VGA on board dapat anda jumpai di semua motherboard saat anda membeli komputer atau laptop karena sudah menjadi satu paket. VGA ini dapat anda gunakan untuk menampilkan output pada layar monitor dengan baik. Sebenarnya jika tidak melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi, kita tidak memerlukan VGA card add-on. Jika anda merasa VGA card on board anda kurang maksimal atau kurang canggih, anda bisa menambahkan VGA card add-on. Hal ini utamanya bagi anda para desainer grafis, editor film dan juga pemain game 3D.

Maka dari itu, keberadaan VGA card add-on adalah sesuai dengan kebutuhan anda. Ketika terlihat nyata bahwa VGA on board anda tidak mampu melakukan apa yang menjadi kebutuhan anda, maka VGA card add-on dapat ditambahkan. Namun ini hanya berlaku pada PC saja karena untuk perangkat lainnya tidak tersedia slot untuk penambahan VGA card add-on. Apalagi VGA card add-on juga membuat kebutuhan daya listrik pada komputer menjadi tinggi dan ini hanya bisa dipenuhi oleh PC saja. Dalam memutuskan VGA card yang akan anda gunakan, anda juga harus mengetahu kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Pada kebanyakan motherboard yang mendukung kartu grafis ini memiliki fitur yang memungkinkan untuk menonaktifkan chip grafis yang terintegrasi melalui bios, ia juga memiliki slot expansi seperti AGP, PCI, atau PCI Express sebagai tempat untuk penambahan kartu grafis yang berkinerja lebih tinggi dari pada kartu grafis yang terintegrasi.

 
Komponen yang ada dalam Kartu Grafis
 
GPU (Graphic Processing Unit)

GPU adalah prosesor dari sebuah video card, dan berfungsi untuk pengolahan data gambar yang akan ditampilkan di layer monitor. 

Video Memory
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum dan sesudah pemrosesan data pada GPU.

RAMDAC (Random Access Memory Digital – Analog Converter)

Berfungsi mengubah gambar digital menjadi sinyal analog agar bisa digunakan oleh monitor.

Bus Interface

Berfungsi menghubungkan motherboard dengan kartu grafis. Pada umumnya, bus interface ini tipe AGP dan PCI-Express.

Display Interface

Berfungsi menghubungkan kartu grafis dengan monitor. Umumnya terdapat 3 port display, antara lain DVI, TV-out, VGA.

Heatsink dan Fan
Berfungsi sebagai pendingin kartu grafis.

1 komentar: