21 Nov 2012

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. SMTP pertamakali didefinisikan oleh RFC 821 (1982, sering dikenal sebagai STD10) dan terakhirkali diperbaharui oleh RFC 5321 (2008)  dimana terdapat Extended SMTP (ESMTP) tambahan dan SMTP merupakan protocol yang banyak dipakai sekarang ini. SMTP lebih spesifik untuk transportasi email keluar dan menggunakan port TCP. Koneksi SMTP diamankan oleh SSL yang lebih dikenal sebagai SMTPS.

Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak.  Ketika email dan mail transfer agent yang lain menggunakan SMTP untuk mengirim dan menerima pesan surat, user hanya menggunakan SMTP untuk mengirimkan pesan ke mail server untuk membalasnya. Untuk menerima pesannya, client atau user biasanya menggunakan Post Office Protocol (POP) atau Internet Message Access Protocol (IMAP) atau system-sistem yang berbayar (berlisensi) seperti Microsoft Exchange atau Lotus Notes/Domino untuk mengakses kotak surat mereka pada mail server.

SMTP bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah e-mail, komputer kita akan mengarahkan e-mail tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan. Mail-server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depan rumah, atau kotak PO BOX di kantor pos. Email-email yang terkirim akan menempati di tempat tersebut hingga si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan e-mail tersebut tergantung kapan di penerima memeriksa account e-mailnya.

SMTP merupakan text-based protocol, dimana setiap pengirim email berkomunikasi dengan penerima email dengan menggunakan command string dan mensuplay data-data yang penting diatas data-data yang dapat diandalkan untuk memerintah data stream chanel, spesifiknya Transmission  Control Protocol (TCP).  Sesi SMTP terdiri dari perintah yang berasal dari klien SMTP (agen yang memulai, pengirim dan transmitter) dan tanggapan yang sesuai dari server SMTP sehingga sesi dibuka dan parameter sesi dipertukarkan.

SMTP hanya protokol yang melakukan “push”, artinya dia hanya bisa mengambil email dari client tetapi tidak bisa melakukan “pull”, yaitu melayani pengambilan email di server oleh client. Pengambilan pesan atau email tersebut dilakukan dengan menggunakan protokol tersendiri yaitu protokop POP3 (Post Office Protokol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol).

Cara Kerja SMTP

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) didefinisikan dan digunakan dalam Internet untuk mengirimkan electonic mail  (E-mail). Cara  kerja SMTP mirip  yang dilakukan oleh FTP. SMTP menggunakan  beberapa  spool  dan  queue.  Pesan  yang  dikirim  oleh  SMTP akan  dikirimkan  dalam  queue.  SMTP  akan  menghindari  membalas  pesan  dari  queue  jika dihubungkan ke remote machine. Jika pesan tidak dapat dibalas dengan waktu yang telah ditentukan maka  pesan  akan  dikembalikan  ke  pengirim  atau  dipindahkan.  Interaksi  antara message  ke  User Agent dan ke Message Transfer Agent hingga diterima oleh Penerima.

Contoh Transaksi Email :
S = Server
C = Klien
C : (inisialisasi hubungan)
S : 220 Wikipedia ESMTP server ready
C : mail from: user@wikipedia.org
S : 250 mail ok
C : rcpt to: wikipedia@wikipedia.org
S : 250 rcpt ok
C : data
S : 354 end data with CRLF.CRLF
C : — email data –
C : CRLF.CRLF
S : 250 data ok
C : QUIT
S : 221 bye

SMTP bekerja berdasarkan pengiriman end-to-end, dimana SMTP client (pengirim) akan menghubungi SMTP server (penerima) untuk segera mengirimkan email. SMTP server melayani pengguna melalui port 25 (TCP). Dimana setiap pesan yang dikirimkan melaui SMTP harus memiliki :
1.     Header atau amplop, yang dijabarkan pada RFC 822.
2.    Konten atau isi, yang berisi tentang isi dari surat yang akan dikirimkan

2 komentar:

  1. min, mau nanya,,
    klo mau liat transaksi mail it dmna ya??,, yg kyk gini ni:
    Contoh Transaksi Email :
    S = Server
    C = Klien
    C : (inisialisasi hubungan)
    S : 220 Wikipedia ESMTP server ready
    C : mail from: user@wikipedia.org
    S : 250 mail ok
    C : rcpt to: wikipedia@wikipedia.org
    S : 250 rcpt ok
    C : data
    S : 354 end data with CRLF.CRLF
    C : — email data –
    C : CRLF.CRLF
    S : 250 data ok
    C : QUIT
    S : 221 bye



    o y, klo proses atw cra gunain smtp server dri awl step by step gmna ya??,,

    BalasHapus